Semarang – Mengangkat tema “Merawat Titipan Nusantara”, Museum Ronggowarsita undang 33 museum se-Indonesia untuk memerkan koleksinya. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Juni 2023 dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Uswatun Hasanah.  Dalam sambutannya Bu Uswatun mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti 33 museum, baik Jawa Tengah maupun luar provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan kemonceran Museum Ranggawarsita dan museum peserta pameran.

Di akhir sambutannya beliau menyampaikan, “Selain itu, sebagai bentuk kreatif museum,”

Hadiri pada event tersebut, SMA Negeri 14 Semarang dengan Pojok Literasi Arkeologi (PLA) bersama Sigarda Indoneaia unggulkan sejarah Kota Lama Semarang sebagai icon utama.

“Kota Lama Semarang sudah menjadi ikonik Kota Semarang. Peninggalan masa Kolonial Belanda ini memberikan gambaran tentang pentingnya Semarang sebagai sebuah wilayah yang memiliki keistimewaan secara geografis dan ekonomis. Terbukti dengan dibentuknya Gemeente Semarang sebagai  pada tahun 1906. Dan sekarang Kota Lama Semarang telah menjelma menjadi Destinasi Wisata yang tetap harus memperhatikan riwayat Kesejarahannya.” Ungkap Bu Ika selaku Pengelola PLA SMA N 14.

Bu Ika dan teman-teman pengelola PLA merancang Stand Pameran Sigarda Indonesia yang memilih tema “Transformasi Kota Lama Semarang” mencoba ingin menampilkan perubahan Semarang dari masa Kuno hingga sekarang melalui karya siswa dalam bentuk infografis. Sehingga Generasi Muda dapat memahami keberadaan Kota Lama Semarang sebagai kekayaan Tinggalan Sejarah di Kota Semarang yang harus dijaga dan dilestarikan.

Hadirnya SMA Negeri 14 Semarang dalam kolaborasi 33 museum menuai harapan dari kalangan para guru. Salah satu Guru Mata Pelajaran Sejarah, Adhila Ayu Puruhita, berharap PLA kedepannya bisa menjadi wadah pembelajaran sekolah lain terutama dari produk-produk karya siswa-siswi SMA N 14 serta dapat menginspirasi sekolah-sekolah khususnya di Kota Semarang untuk lebih menarik minat siswa dalam mempelajari sejarah.

 

Penulis: Muhamad Zayyinul Muttaqin, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *