PEMILOS SMAN 14Semarang

HAMPIR sekitar 1047 pemilih yang meliputi Guru,Karyawan, Siswa dll di lingkungan SMAN 14 Semarang pada tanggal 2 Oktober 2017 akan menggunakan hak pilihnya dalam PEMILOS ( Pemilihan Ketua OSIS) secara serentak. Pemilos adalah sebuah model pendidikan pemilih bagi pemula.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program Kelas Pemilu yang digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Semarang. Kegiatan yang merupakan miniatur Pemilu di sekolah ini, adalah sebuah ikhtiar pembelajaran demokrasi. Program ini merupakan kerja sama antara KPUD Semarang, Kantor Kesbanglinmas.

 Mereka layaknya para petugas Pemilu, membentuk lembaga penyelenggara yang disebut Panitia Pemilihan Umum (PPU), yang bertugas merancang tahapan, jadwal dan program, PPU mempunyai kewenangan membentuk Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan pemutakhiran daftar pemilih kepada siswa di setiap kelasnya , dan juga mengangkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang berjumlah 7 orang +  Petugas Keamanan. Lembaga ini dilengkapi juga dengan Pengawas Pemilos yang beranggotakan para guru dan murid yang ditunjuk.

Karena implementasi dari pengayakan mata pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan yang memasukkan Pemilu dan pendidikan demokrasi, jadi lebih komplit, praktis, dan dipahami sebagai sebuah "praktikum pemilu", Pemilos juga mengajarkan bagaimana menanamkan sikap dan etika menghormati sebuah perbedaan. Siswa juga faham soal prosedur dan substansi demokrasi, serta bagaimana mengajarkan kepada anak cara berorganisasi.

 

Calon Ketua OSIS :

1. Akbar dan Giffari                 2. Krisna dan Figo                    3. Furqon dan Audrey

                     

 

RANGKAIAN KEGIATAN SEBELUM DAN SAAT PEMILOS

 

     Bimtek menjelang pelaksanaan pencoblosan                      Simulasi Pencoblosan

 

SAAT  DEBAT ANTAR PASLON

                

 

SAAT PERHITUNGAN SUARA

                         

 

KETUA OSIS TERPILIH PRIODE 2017/2018

KETUA                    :  AKBAR KHARISMA FAHRI

WAKIL KETUA     :   M. GHIFFARI ICHSAN FAKHRIANSYAH

 

 

SELAMAT