PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN FISIKA INTERAKTIF PART 2

Sabtu, 26 Maret 2011 22:07:22 - oleh : mawar

PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN FISIKA INTERAKTIF PART 2


 


Lanjutan ”PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN FISIKA INTERAKTIF PART 1” Gambaran-gambaran pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat dilihat dari rekaman foto sebagai berikut:



Gambar 1 : Suasana belajar yang menyenangkandan penuh perhatian serta sangat antusias dari para siswa saat memperhatikan penjelasan umum guru. Penjelasan dengan bantuan LCD sekaligus menampilkan contoh-contoh simulasi.



Gambar 2 : Para siswa sedang serius secara aktif melakukan kegiatan belajar mandiri. Tampak suasana  aktivitas diskusi siswa, pengamatan simulasi menggunakan komputer. Guru juga secara aktif melakukan pemantauan dan memberikan fasilitasi pada siswa.


Gambar 3 : Tiap-tiap  kelompok sedang melakukan diskusi secara aktif sehingga waktu belajar lebih efektifkarena tidak banyak waktu yang terbuang.


Gambar 4 : Tiap-tiap  kelompok belajar secara mandiri dengan bantuan program simulasi yang ditampilkan pada monitor komputer dalam suasana menyenangkan.Siswa juga dapat mengembangkan kreativitasnya untuk menggali informasi melalui program simulasi visual interaktif


Gambar 5 : Guru secara aktif menjadi fasilisator pembelajaran sehingga memotivasi  para siswa untuk  secara aktif juga berani berdiskusi dengan guru


Gambar 6 : Guru secara aktif juga memberikan motivasi kepada siswa agar tidak mudah
putus asa dalam menyelesaikan permasalahan dengan cara memantau setiap kelompok.


Berdasarkan gambar-gambar di atas menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran berbasis komputer berlangsung dalam suasana yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Proses pembelajaran seperti keadaan tersebut adalah pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), yaitu PAKEM: pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.


KESIMPULAN:
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah melakuan perbaikan pendekatan  pembelajaran. Hal ini juga harus dilakukan pada pembelajaran fisika.Paradigma pembelajaran fisika harus diubah menjadi pembelajaran yang interaktif. Hal ini mengingat selama ini fisika dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit dan menjadi pelajaran yang menakutkan siswa. Untuk itu guru hendaknya selalu melakukan inovasi pembelajaran yang kreatif dan dinamis. Salah satu cara yang dapat digunakan guru adalah memanfaatkan teknologi komputer. Dengan komputer dapat didesain multimedia interaktif. Multimedia interaktif sangat penting diperhatikan guru karena multimedia dapat dengan mudah menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit. Hal ini disebabkan kemampuan multimedia untuk menampilkan gambar-gambar abstrak menjadi lebih nyata dan interaktif. Dengan multimedia juga dapat didesain model simulasi sehingga mempermudah siswa dalam memahami konsep. Dengan melibatkan multimedia pembelajaran interaktif maka dapat mewujudkan pembelajaran fisika yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Dengan pembelajaran PAIKEM diharapkan mengubah paradigma baru pembelajaran fisika menjadi interaktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil pembelajaran siswa.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Pendidikan" Lainnya

Kalender Siswa

« Nov 2019 »
M S S R K J S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7

Pesan Singkat

Berita Terakhir

Polling

Bagaimana Menurutmu Website Ini